Guna Meningkatkan Kapabilitas APIP, Inspektorat Kota Madiun Adakan Bimtek dan Asistensi


Madiun – Menindaklanjuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Asistensi Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP ) pertama yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2015 lalu, Inspektorat Kota Madiun kembali melaksanakan bimtek APIP ini untuk kedua kalinya pada tanggal 22 hingga 24 Mei 2017 bertempat di Ruang Rapat Inspektorat Kota Madiun Jalan Mayjen Panjaitan 17 Madiun.

Kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk upaya memperkuat, meningkatkan, mengembangkan kelembagaan, tata laksana / proses bisnis / manajemen dan Sumber Daya Manusia APIP agar dapat melaksanakan peran dan fungsinya secara efektif, menghadirkan 3 (tiga) narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yaitu Tri Agung Sumartono, Ida Royana, dan Mochammad Nasrulloh.

Keberadaan APIP saat ini penting dan strategis meliputi perencanaan anggaran, pelaksanaan, dan pertanggung jawaban APBN / APBD serta pemberian rekomendasi perbaikan pada setiap kebijakan yang telah diimplementasikan. Harapan kedepan, APIP mampu bekerja lebih profesional dan peka terhadap permasalahan yang berkembang dan mampu mengedukasi upaya-upaya pencegahan korupsi disemua bidang.

Dalam catatan BPKP Provinsi Jawa Timur, Inspektorat Kota Madiun masih berada di level 1 sehingga diharapkan melalui Bimtek ini Inspektorat Kota Madiun dapat memenuhi segala insfrastruktur yang dibutuhkan untuk dapat naik level menuju level 2 meskipun terkendala dengan terbatasnya jumlah personil dan kurangnya jumlah auditor yang ada.

Hasil pelaksanaan Bimtek APIP meliputi keenam elemen kapabilitas APIP sudah diisi sesuai dengan kondisi yang ada pada Inspektorat Kota Madiun melalui Aplikasi Peningkatan Kapabilitas APIP, Inspektorat Kota Madiun telah menyusun rencana aksi peningkatan  kapabilitas APIP tahun 2017 yang nantinya ditindak lanjuti dengan pemenuhan infrastruktur yang dibutuhkan untuk masing-masing elemen dan profil APIP maupun SK satgas dapat segera dikirim ke BPKP Provinsi Jawa Timur pada akhir Mei 2017.

Peserta kegiatan Bimtek atau asistensi ini meliputi staf dan auditor Inspektorat Kota Madiun.(Kmf)