UPP KOTA MADIUN SOSIALISASI PENCEGAHAN PUNGLI KE SEKOLAH

54 total views, 1 views today

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Madiun selaku Tim UPP Kota Madiun sedang menyampaikan materi Sosialisasi Pencegahan Pungli di SMPN 2 Kota Madiun

MADIUN –Unit Pemberantasan Pungli Kota Madiun sedang menggalakkan kegiatan sosialisasi pencegahan pungli kepada masyarakat Kota Madiun. Hal itu dilakukan karena pungli dapat merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu perlu adanya upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien dan mampu menimbulkan efek jera. Demikian diungkapkan Ketua UPP Kota Madiun, Hanis Subiyono, S. Pd, MH baru-baru ini.

          Unit Pemberantasan Pungli Kota Madiun mengagendakan sosialisai secara rutin setiap bulan dengan sasaran yang berbeda. Kegiatan sosialisasi dilakukan oleh 5 tim UPP ke beberapa sekolah di Kota Madiun secara serentak meliputi SMPN 2, SMPN 4, SMPN 7, SMPN 12 dan SMPN 13 Selasa (19/2). Materi sosialisasi meliputi definisi pungli, penyebab pungli, dampak pungli, jenis-jenis pungli di Sekolah, delik pungli, UU tentang pungli, dan upaya pencegah pungli.

“Dampak pungli diantaranya ekonomi biaya tinggi, rusaknya tatanan masyarakat, menghambat pembangunan, masyarakat dirugikan, dan ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah,” demikian ujar Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Madiun, Budi Wibowo, SH di SMPN 2 Madiun.

Selanjutnya Budi Wibowo, SH memaparkan bahwa upaya pencegahan dan pemberantasan pungli yang dilakukan pertama meningkatkan pelayanan publik berupa memangkas waktu pelayanan, memangkas jalur birokrasi, memberlakukan sistem antri, memasang pelayanan serta transparan. Kedua mengedukasi masyarakat untuk tidak memberi tips kepada petugas pelayanan, mau mengantri dengan tertib untuk mendapat pelayanan. Ketiga meningkatkan kontrol dari atasan langsung. Keempat inspeksi berkala dari atasan/APIP. (Aryo Darwito)