SDS: Lesson Learned Penguatan SAKIP 10 OPD Prioritas di Pemerintah Provinsi Jawa Barat (2)

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) adalah alat yang digunakan oleh instansi pemerintah dalam memenuhi kewajiban guna mempertanggungjawabkan keberhasilan dan/atau kegagalan pelaksanaan misi organisasi. Mengingat pentingnya peran SAKIP dalam sebuah proses jalannya pemerintahan, maka Penguatan SAKIP menjadi hal yang harus dilakukan.

Penguatan SAKIP bertujuan untuk mewujudkan birokrasi yang akuntabel, efektif, dan efisien dengan cara menggunakan anggaran sesuai kegunaannya demi kemakmuran rakyat. Upaya penguatan SAKIP juga mempunyai urgensi lainnya yaitu untuk merumuskan strategi dalam mempertajam pemahaman dan persepsi, tentang penerapan sistem akuntabilitas kinerja, guna mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi.

Dalam Smart Discussion Series 34 yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 30 September 2021 dengan tema “Lesson Learned Penguatan SAKIP 10 OPD Prioritas di Pemerintah Provinsi Jawa Barat” dengan pemateri kedua yakni bapak Suhartono Winoto, S.AP.,M.AP Selaku Akademisi Universitas Brawijaya dan Direktur Riset dan Kerjasama SmartID.