Webinar Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia

Dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Komisi Pemberantasan Korupsi melaksanakan kegiatan Webinar Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia pada tanggal 16 Desember 2020. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 tersebut dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Pidato Presiden Republik Indonesia.

Selanjutnya disampaikan penyampaian hasil kinerja KPK tentang capaian 11 strategi nasional (stranas) pencegahan korupsi tahun 2019-2020, antara lain: perizinan dan tata niaga, keuangan negara, reformasi birokrasi, penegakan hukum serta penyampaian 11 rencana stranas pencegahan korupsi tahun 2021-2022.

Acara dilanjutkan dengan pengucapan deklarasi tentang usaha-usaha pencegahan anti korupsi. Ada juga pembacaan puisi/ceramah singkat oleh KH Mustofa Bisri (Gus Mus). Selain itu juga ada acara penyerahan berbagai penghargaan yang terdiri dari:

  • Penghargaan Tata Kelola LHKPN terbaik.
  • Penghargaan UPG terbaik.
  • Penghargaan Vlog antikorupsi terbaik.
  • Penghargaan Penyuluh Anti Korupsi (PAK) terbaik.
  • Penghargaan Tata Kelola Dana Desa Terbaik.

Sebelum acara ditutup dengan doa dan lagu-lagu anti korupsi, tak lupa disampaikan juga agenda penyelamatan aset negara dan aset daerah senilai > Rp 500 Triliun. Untuk melihat rangkaian acara secara penuh dapat melalui channel youtube KPK RI