SDS: Implementasi SPIP Pada Instansi Pemerintah

Sistem pengendalian intern memegang peranan kunci dalam mewujudkan akuntabilitas keuangan. Yang mana kuat atau lemahnya sistem keuangan pada instansi pemerintah berpengaruh pada pelaksanaan sistem pengendalian intern. Pada instansi pemerintah, Sistem SPIP mempunyai peran yang cukup luas dan kompleks yaitu untuk menciptakan dan memelihara lingkungan pengendalian yang menimbulkan perilaku positif dan kondusif untuk penerapan SPIP dalam lingkungan kerjanya.

Smart Discussion Series 35 yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 7 Oktober 2021 mengupas bagaimana cara efektif dalam mengimplementasikan SPIP pada Instansi Pemerintah dengan tema Implementasi SPIP Pada Instansi Pemerintah dengan pemateri pertama adalah Bapak Dwi Kiswanto, S.ST., MPA., Ph.D. selaku Kepala Sub Koordinator Penelitian dan Pengembangan SPIP Pusat Penelitian dan Pengembangan Pengawasan BPKP. Materi dapat didonlut dari sini.

Adapun materi kedua dibawakan oleh bapak Suhartono Winoto, S.AP., M.AP selaku Akademisi Universitas Brawijaya dan Direktur Riset dan Kerjasama SmartID.