Klinik Konsultasi Pengawasan

Guna  meningkatkan kapabilitas serta pemberdayaan Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP), optimalisasi atas  dan konsultasi APIP dinilai menjadi sangat penting dalam mengawal program pembangunan Pemerintah Daerah, utamanya dalam upaya pencegahan korupsi. Dalam menjalankan fungsi assurance, APIP melakukan compliance audit dan memberikan saran koreksi atau rekomendasi apabila ditemukan penyimpangan dalam audit.

APIP dalam menjalankan fungsi assurance akan memberikan saran/rekomendasi yang bersifat  jangka pendek. Oleh karena itu, diharapkan agar APIP dapat memperluas perannya dengan memberikan rekomendasi yang bersifat jangka menengah maupun jangka panjang yang dapat memberikan nilai tambah bagi organisasi di masa mendatang.

Selain itu, APIP diharapkan juga dapat menjalankan peran sebagai konsultan dengan pemberian nasihat dalam pengelolaan sumber daya organisasi. Dalam peningkatan level Kapabilitas APIP sangat ditekankan peran APIP dalam pemberian jasa konsultasi ini. Dengan semakin banyaknya OPD yang berkonsultasi kepada Inspektorat menandakan bahwa peran Inspektorat yang semakin meningkat kapabilitasnya.

Untuk meningkatkan perang sebagai konsultan tersebut, Inspektorat Kota Madiun mencoba membuka klinik layanan konsultasi pengawasan secara online melalui WhatsApp ke nomor: 0896-9109-0191.