SDS #11 Kiat-Kiat Dalam Evaluasi Paruh Waktu Rencana Strategis

Sejak tahun 2003 pemerintah telah melakukan reformasi perencanaan dan penganggaran. Reformasi perencanaan dan penganggaran dilakukan dengan menerapkan budaya kerja birokrasi yang berorientasi pada pengelolaan hasil kerja (result management) dan pengukuran kinerja (performance measurement), sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemerintah. Pendekatan utama dalam reformasi perencanaan dan penganggaran ini adalah perencanaan dan penganggaran berbasis kinerja, sehingga dalam proses perencanaan dan penganggaran harus memperhatikan kinerja pada periode sebelumnya dan memperhatikan sasaran yang ingin dicapai.

Berdasarkan hal tersebut, evaluasi kinerja merupakan bagian yang sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka memberikan informasi capaian kinerja yang dapat diandalkan sebagai masukan dalam proses penyusunan perencanaan dan penganggaran dan akuntabilitas yang menyediakan informasi dasar bagi publik. Salah satu evaluasi kinerja yang perlu dilakukan adalah evaluasi paruh waktu terhadap Rencana Strategis yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hal tersebut maka Smartid menggelar kegiatan Smart Discussion Series #11 Tahun 2022 dengan tema Kiat-Kiat Dalam Evaluasi Paruh Waktu Rencana Strategis dengan Pemateri yaitu Lestari Eko Wahyudi, S.AP, M.AP. Acara tersebut dilaksanakan menggunakan aplikasi zoom meeting pada tanggal 12 Mei 2022, mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Materi SDS #11 tersebut dapat didownload di sini.