Optimalisasi Peran PPID Menjawab Kebutuhan Informasi

21 total views, 1 views today

MADIUN Peran PPID Kota Madiun di era 4.0 menghadapi tantangan dalam menjawab Kebutuhan Informasi melalui media online. Tantangan tersebut dijawab Dinas Kominfo Kota Madiun dengan mengadakan Workshop dua hari (6-7/11/2019) dengan tema PPID 4.0 Optimalisasi Kanal Media Online Pemerintah Daerah untuk menjawab Kebutuhan Informasi Masyarakat di Era Digital.

Workshop di The Sun Hotel yang dibuka Sekretaris Dinas Kominfo, Gembong Kusdwiarto, S.IP (6/11/2019) tersebut menghadirkan narasumber Heru Tjatur dari ICT Watch dan Edi Prayitno.

Sekretaris Diskominfo Kota Madiun, Gembong Kusdwiarto, S.IP ketika membuka workshop Admin Pembantu PPID

Ada 4 tantangan yang dihadapi admin PPID saat ini. Tantangan tersebut menurut Heru Tjatur meliputi waktu, keterukuran, ketidakpedulian dan tidak ada sumber tunggal. Hal itu menjadi hal yang perlu diperhatikan selain kaidah 5W dan 1H.

Sementara Edi Prayitno yang lebih dikenal dengan nama beken Matahari Timoer menambahkan kaidah 5W dan 1H ditambahkan menjadi 6W dan 2 H. W keenam Wow dan 2 H berupa How dan Ha ha ha. Admin PPID dalam penulisan berita yang baik juga harus memperhatikan informasi yang riil bukan hoaks, tidak plagiat dan tidak bertele-tele.

Metode pelaksanaan workshop meliputi teori dan praktek pembuatan berita melalui gawai. Disamping itu juga diberikan materi pembuatan video dan vlog. (Darwito)