Rakor Persiapan Evaluasi SAKIP Tahun 2020

Pada tanggal 30 Juni 2020 siang hari bertempat di ruang rapat Bappeda Kota Madiun dilaksanakan Rapat Persiapan Evaluasi SAKIP untuk Tahun 2020. Rapat dipimpin langsung oleh Inspektur Kota Madiun, Dra. Rully Dwi Ratnawati dan dihadiri oleh evaluator SAKIP yang terdiri dari auditor Inspektorat Kota Madiun beserta Bappeda dan Bagian Organisasi.

Dalam rapat tersebut Inspektur Kota Madiun menegaskan agar para evaluator menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Diharapkan hasil evaluasi SAKIP tahun 2020 ada peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Disampaikan pula bahwa untuk evaluasi SAKIP 2020 ada perubahan LKE untuk tingkat nasional, namun untuk tingkat kabupaten/kota masih menggunakan LKE yang lama.

Dokumen untuk pelaksanaan evaluasi SAKIP 2020 semuanya sudah ada dalam google drive, dan para evaluator tinggal mengunduh dari google drive sesuai pembagian tugasnya. Selanjutnya untuk persiapan paparan SAKIP akan disampling terhadap 10 Perangkat Daerah, dengan mengutamakan pada Perangkat Daerah yang menangani Covid-19.

Permasalahan dalam evaluasi SAKIP selama ini adalah:

  1. tujuan/saran tidak berorientasi hasil
  2. ukuran kinerha tidak jelas
  3. tidak ada keterkaitan antara program/krgiatan dengan sasaran
  4. rincian kegiatan tidak sesuai dengan maksud kegiatan
  5. kualitas evaluator internal tidak memadai