FGD Uji Publik Pedoman Penilaian Maturitas SPIP

Sebagai tindak lanjut PP Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, telah ditetapkan bahwa BPKP merupakan pembina penyelenggaraan SPIP sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 192 Tahun 2014 tentang Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Selaku instansi pembina penyelenggaraan SPIP, BPKP sudah menyusun Peraturan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pedoman Penilaian dan Strategi Peningkatan Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Namun mengingat bahwa Perka BPKP No. 4 Tahun 2016 sudah tidak sesuai, maka BPKP sudah menyusun draft Pedoman Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP yang baru. Pedoman tersebut akan menjadu acuan bagi kementerian/lembaga/pemerintah daerah dalam melakukan penilaian atas efektivitas penyelenggaraan SPIP.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, ada hari Selasa, tanggal 10 November 2020 BPKP Perwakiltan Provinsi Jawa Timur menggelar acara Focus Group Disscusion (FGD) dalam rangka uji publik Pedoman Penilaian Maturitas SPIP melalui zoom meeting.