SDS #37: Penerapan Sistem Merit Dalam Mewujudkan ASN yang Profesional

Sistem Merit merupakan salah satu sistem dalam manajemen sumber daya manusia yang menjadikan kualifikasi, kompetensi dan kinerja sebagai pertimbangan utama dalam proses perencanaan, perekrutan, penggajian, pengembangan, promosi, retensi, disiplin dan pensiun pegawai.

Selanjutnya, untuk memastikan Sistem Merit sudah berjalan dengan baik, maka diperlukan evaluasi secara rutin sesuai dengan arah kebijakan pembangunan nasional. Selain itu, penerapan Sistem Merit diharapkan mampu mewujudkan ASN yang profesional, berintegritas, netral dan berkinerja tinggi tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur, atau kondisi kecacatan (tanpa diskriminasi).

Berdasarkan hal tersebut maka SmartId menggelar kegiatan Smart Discussion Series #37 Tahun 2022 dengan tema “Penerapan Sistem Merit dalam Mewujudkan ASN yang Profesional” dengan pemateri yaitu Muhammad Fauzi, S.Tr.M (Peneliti SmartID). Acara tersebut dilaksanakan menggunakan aplikasi zoom meeting pada tanggal 17 November 2022, pada pukul 09.00 – 11.00 WIB