Hakordia Tahun 2020 Pemerintah Kota Madiun

Menindaklanjuti Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi No. 30 Tahun 2020 tentang Himbauan Penyelenggaraan Kegiatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2020, maka Pemerintah Kota Madiun menggelar kegiatan untuk memperingati Hakordia Tahun 2020 pada tanggal 3 Desember 2020 bertempat di Hotel Aston Kota Madiun.

Peringatan Hakordia Tahun 2020 dengan tema Membangun Kesadaran Seluruh Elemen Bangsa dalam Budaya Antikorupsi yang dikemas dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) bertujuan untuk:

  1. Memperkuat komitmen dan kerjasama antara Pemerintah Kota Madiun dengan jajaran Forkopimda dalam usaha pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi;
  2. Mendapatkan gambaran rencana tindak lanjut ke depan dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi;
  3. Mensosialisasikan nilai-nilai antikorupsi sehingga dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam pencegahan korupsi.

FGD dibuka langsung oleh Bapak Walikota Madiun. Dalam sambutannya, Bapak Walikota Madiun menyampaikan bahwa ada 4 (empat) potensi korupsi yang menjadi perhatian KPK dalam penanganan covid-19 yaitu:

  1. Potensi korupsi dalam rangka pengadaan barang/jasa
  2. Korupsi dari sumbangan pihak ketiga
  3. Korupsi pada proses refocussing dan realokasi anggaran covid-19
  4. korupsi penyelenggaraan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial

Bapak Walikota Madiun juga menyampaikan pesan agar seluruh elemen yang ada di Kota Madiun meningkatkan sinergitas dan gotong royong untuk bisa mewujudkan Visi Kota Madiun “Pemerintahan Bersih Berwibawa Menuju Masyarakat Sejahtera”. Diharapkan semua elemen mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk membudayakan pencegahan korupsi.

Walikota Madiun memberikan sambutan sekaligus membuka acara FGD dalam memperingati HAKORDIA Tahun 2020

Adapun Pembicara dalam kegiatan FGD tersebut adalah:

  1. Kepala Kepolisian Resort Madiun Kota
  2. Kepala Kejaksaan Negeri Madiun
  3. Komandan Kodim 0803/Madiun

Acara FGD yang dipandu oleh Bapak Agus Wiyaka selaku moderator tersebut diikuti oleh Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD atau yang mewakili, Kepolisian, Kejaksaan, Kodim 0803, dan LSM yang ada di Kota Madiun, serta APIP.  Diskusi yang dipandu oleh moderator berjalan lancar. Di akhir acara, Ibu Wakil Walikota menutup kegiatan FGD dalam rangka memperingati Hakordia di Kota Madiun.

Peserta FGD dari berbagai elemen